KALAMANTHANA, Pulang Pisau – Pejabat Bupati Pulang Pisau, Sunarti, memberikan apresiasi dan mendukung penuh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) terkait rencana mewujudkan proyek perubahan yang akan dilakukan sebagai salah satu peserta Diklatpim II angkat XIV di Banjarbaru.
Hal tersebut dikatakan Sunarti setelah mendengarkan paparan strategi peningkatan kapasitas aparatur desa/kelurahan dalam pelayanan berbasis aplikasi dari Kepala Dinas DPMD Pulpis, Syaripul Pasaribu di Ruang Kerja Bupati Pulpis, belum lama ini.
“Sudah saatnya kita menggunakan pelayanan adminitrasi pemerintah desa/kelurahan menggunakan aplikasi sesuai tuntutan zaman now,” kata Sunarti.
Syaripul Pasaribu, Minggu (19/8/2018) mengatakan, untuk merealisasikan itu, pihaknya akan menggunakan sistem aplikasi yang didedikasikan untuk mendorong terbangunnya keterbukaan era informasi publik di Indonesia, khususnya di Kabupaten Pulang Pisau.
Sistem Terpadu Informasi Desa yang akan dibangun, ditujukan bagi aparat pemerintahan desa/kelurahan agar dapat mengelola data profil desa dan administrasi data desa dalam sebuah Sistem Informasi dan Pelaporan Elektronik (SIPE) yang mudah dan terintegrasi.
“Dengan menggunakan aplikasi ini diharapkan dapat melayani lebih cepat, efektif dan efesien, seperti surat pengantar KTP, KK, SKTM dan lainnya,” ucapnya.
Menurutnya, aplikasi software sistem terpadu manajemen data desa online dibangun dengan prinsip kemudahan (user friendly), bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam penginputan dan pengolahan administrasi data desa. Sasaran target adalah sistem tata kelola administrasi di tingkat desa/kelurahaan, sehingga menjadi rapi, akurat, cepat dan efisien.
Untuk meralisasikan itu, kata Syaripul, perlu peningkatan profesionalisme SDM, sehingga dapat meningkatkan kapasitas pelayanan. Mengingat SDM aparatur pelayanan memiliki peran strategis sebagai pendorong (key leverage) dari reformasi birokrasi.
“Untuk aspek-aspek dan bidang yang akan dibangun, di antaranya profesionalisme aparat pemerintah desa dalam mendukung pelaksanaan tugas-tugas administrasi pemerintahan, disamping memperkuat partisipasi masyarakat dan kelembagaannya serta aspek-aspek lainnya,” ungkapnya.
Syaripul juga menyampaikan, hal lain yang berkaitan dengan penyajian administrasi data desa yang secara tertib dan teratur harus dilaksanakan di tingkat desa/kelurahan demi data desa yang akurat.
Maka, untuk meningkatkan manajemen pemerintahan desa perlu dilakukan penataan administrasi agar lebih effektif dan effisien. Penataan administrasi merupakan pencatatan data dan informasi dalam mendukung penyelenggaraan Pemerintahan Desa, maka perlu dilakukan langkah penyempurnaan terhadap pelaksanaan administrasi.
“Dengan memiliki SDM yang andal, tertib, pintar dan bertanggung jawab merupakan modal dasar dalam usaha mewujudkan tata kelola lembaga yang baik dan profesional,” pungkasnya. (app)
Discussion about this post