KALAMANTHANA, Palangka Raya — Wakil Ketua II Komisi I DPRD Kota Palangka Raya, Syaufwan Hadi, menyoroti pentingnya peningkatan kualitas pelayanan publik di tingkat kecamatan. Ia menyebut kecamatan sebagai ujung tombak birokrasi yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.
“Kecamatan adalah garda terdepan pelayanan publik. Maka, kualitasnya harus ditingkatkan agar mampu menjawab harapan warga dan mendukung pembangunan yang lebih merata,” tegas Syaufwan, Sabtu (5/4/).
Menurutnya, peningkatan kapasitas sumber daya manusia di tingkat kecamatan harus menjadi perhatian serius pemerintah. Ia mendorong agar pelatihan rutin dan pengembangan kompetensi diberikan kepada aparatur kecamatan.
“Pelayanan yang cepat, tepat, dan ramah hanya bisa terwujud jika pegawai memiliki keterampilan yang memadai dan profesionalisme tinggi,” ujarnya.
Selain sumber daya manusia, Syaufwan juga menyoroti pentingnya penempatan pegawai yang sesuai keahlian serta penyediaan fasilitas pelayanan publik yang layak, termasuk sarana ramah disabilitas.
Ia mengusulkan pembentukan layanan terpadu satu pintu di kecamatan untuk mempermudah warga dalam mengurus berbagai keperluan administrasi. Hal ini, menurutnya, akan memangkas birokrasi dan meningkatkan efisiensi.
“Semakin sederhana dan mudah sebuah layanan, semakin tinggi pula kepuasan masyarakat,” pungkas legislator Fraksi PAN itu.(Mit).
Discussion about this post