KALAMANTHANA, Palangka Raya – Anggota Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Agie, menilai upaya peningkatan daya saing usaha mikro kecil dan menengah harus fokus pada kualitas produk, inovasi, dan strategi pemasaran yang efektif.
Hal itu menurut Agie, karena persaingan pasar saat ini yang semakin ketat sehingga memerlukan langkah-langkah strategis pula agar UMKM yang ada di Kalteng mampu bertahan dan berkembang. “Peningkatan daya saing produk merupakan salah satu kunci utama dalam memasuki pasar yang kompetitif,” kata Agie.
Lebih lanjut politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini menyarankan bagi UKM untuk dapat memastikan produknya memiliki keunggulan dibandingkan dengan produk sejenis lainnya, dengan tujuan agar dapat menarik minat konsumen dan memperluas pangsa pasar.
Selain itu UKM juga harus fokus pada inovasi dan peningkatan kualitas produk. Hal itu menjadi langkah penting untuk mencapai tujuan tersebut. “Jadi perlu fokus pada inovasi dan peningkatan kualitas produk sebagai upaya untuk mencapai tujuan ini,” tambah Agie.
Lebih dari itu ia juga menekankan strategi pemasaran yang tepat sangat penting. Meskipun UKM memiliki produk berkualitas dan inovatif, tanpa strategi pemasaran yang baik, maka potensi produk tersebut mungkin tidak akan dimanfaatkan secara maksimal.
“Perlunya strategi pemasaran yang cerdas dan efisien untuk memperkenalkan produk UKM ke pasar yang lebih luas, serta meningkatkan kesadaran konsumen terhadap merek atau produk yang dihasilkan ,” pungkasnya. (to)
Discussion about this post