KALAMANTHANA, Tamiang Layang – Bupati Barito Timur Kalimantan Tengah Ampera AY Mebas mengatakan guna menjamin pelaksanaan pemerintahan yang baik, pasca akan pensiunnya Sekretaris Daerah (Sekda) Eskop 1 Juli 2020 mendatang, maka dirinya sangat berharap Sekda yang akan dating adalah orang yang energik, memiliki loyalitas yang tinggi dan professional.
“Karena saya ini berlatarbelakang swasta atau pengusaha, sementara beban tata kelola administrasi pemerintahan sangat berat maka sangat diperlukan seorang Sekda yang energik, memiliki loyalitas serta professional dalam hal tata kelola administarsi pemerintahan,” kata Bupati Barito Timur Ampera AY Menas di Tamiang Layang, Selasa (12/5/2020).
Menurut Bupati Ampera, untuk mendapatkan Sekda yang kridibel dan professional serta memiliki kopetensi yang baik dirinya telah mempercayakan kepada asesor dan tim seleksi yang telah di uji kemampiunnya, sehingga siapa pun yang terpilih nanti betul-betul orang yang handal, energik, memiliki loyalitas dan professional dalam hal tata kelola pemerintahan.
Ditambahkan dia, untuk tujuan yang baik itu dirinya tidak menyoal dari mana asal ASN yang ikut seleksi, asal masuk dan memenuhi kereteria serta dinyatakan lulus oleh Tim Seleksi . Diriya akan dengan senang hati menerimanya. “Tidak ada titipan aau atensi untuk jabatan satu ini,” imbuhnya.
Sebagaimana diketahui sebelumnya, Asisten I Setda Barito Timur Jhon Wahyudi, mengatakan Tim Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Sekda) Barito Timur telah sevcara resmi mumbuka pendaftaran Calon Sekda barito Timur yang dilaksanakan,berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 11 Tahun 2017 tentang manajemen pegawai negeri sipil serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 15 tahun 2019 tentang pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka dan kompetitif di lingkungan lnstansi pemerintah.
Ditambahkan dia, pengumuman resmi telah disampaikan kepada publik secara terbuka di website Pemkab Barito Timur www.baritotimurkab.go.id, agar siapa saja PNS yang telah memenuhi persyaratan bisa mengikuti seleksi tersebut, dan nantinya dalam penilaian kompetensi, asesor yang didatangkan yakni dari Universitas Gajah Mada.
Adapun syarat-syaratnya, kata Jhon Wahyudi, Lelang bisa di ikuti semua PNS pada Pemerintah Provinsi Kalteng maupun Pemkab dan Pemko di wilayah Kalteng. Keterkaitan objektif antara kompetensi, kualiflkasi kepangkatan, pendidikan dan Iatihan, rekam jejak jabatan dan integritas serta persyaratan lain yang dibutuhkan oleh jabatan yang akan diduduki, berusia setinggi-tingginya 56 tahun per tanggal 1 Juli 2020.
Sedang atau pernah menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama paling singkat selama dua tahun dan pangkat paling rendah Pembina Tingkat 1, Golongan Ruang IV/b, atau jabatan fungsiona| minimal jenjang Ahli Utama paling singkat 2 tahun kumulatif.
Disamping itu, lanjutnya, peserta seleksi telah mengikuti dan lulus pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat III. Diutamakan yang telah mengikuti dan lulus pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat II. Memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah sarjana (S.1) atau diploma IV, berkomitmen untuk menandatangani dan melaksanakan pakta integritas.
Serta memiliki kompetensi teknis, kompetensi manajerial, dan kompetensi sosial kultural sesuai standar kompetensi jabatan yang ditetapkan, memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling kurang selama lima tahun.
Dan yang tidak kalah pentingnya semua unsur penilaian prestasi kerja (SKP) paling sedikit benilai baik dalam dua tahun terakhir. Tidak sedang atau pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang atau berat dan atau tidak sedang dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 53 Tahun 2010 tentang disiplin pegawai negeri sipil, serta tidak dalam status tersangka kasus tindak pidana korupsi, narkoba, atau pidana umum.
Adapun Pendaftaran sejak 30 April hingga 14 Mei 2020. Seleksi administrasi dan rekam jejak pada tanggal 5 hingga 18 Mei 2020. Lamaran ditujukan kepada Pansel jabatan tinggi pratama Kabupaten Bartim tahun 2020. Untuk mengetahui lebih jelas persyaratannya, bisa datang ke kantor BKPSDM atau membuka website Pemkab Bartim www.baritotimurkab.go.id , pungkasnya. (tin)
Discussion about this post