KALAMANTHANA, Palangka Raya – Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, Siti Nafsiah menekankan, pentingnya peningkatan kualitas produk UMKM. Karena kualitas produk merupakan faktor penentu dalam menentukan pangsa pasar bagi UKM.
“Kualitas produk yang baik meningkatkan daya saing, kepercayaan konsumen, dan kesempatan untuk ekspor, sehingga memperluas pangsa pasar. Kualitas juga memengaruhi keputusan pembelian dan kinerja UMKM, seperti peningkatan penjualan dan keuntungan,” kata Nafsiah.
Menurut dia, pemasaran bukan hanya sekadar dipengaruhi strategi. Namun harus diawali dengan kualitas produk. “Produk berkualitas tinggi akan lebih diminati oleh konsumen, bahkan di tengah persaingan pasar yang ketat. Hal ini penting, terutama bagi UKM yang mungkin memiliki keterbatasan sumber daya dibandingkan perusahaan besar,” ujarnya.
Nafsiah mengungkapkan, UKM memiliki peran yang signifikan dalam perekonomian daerah, menciptakan lapangan kerja, dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah. Oleh karena itu, peningkatan kualitas produk harus menjadi fokus utama, bagi para pelaku UKM. Dengan meningkatkan kualitas produk, UKM dapat memperluas pangsa pasar mereka, baik di tingkat lokal maupun internasional.
Selain itu, UKM harus mampu menjangkau pasar yang lebih luas, melalui berbagai saluran pemasaran yang relevan dengan perkembangan teknologi informasi saat ini.
Dalam era globalisasi seperti saat ini, kompetisi di pasar sangatlah ketat. Oleh karena itu, UKM perlu terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas produk dan merancang strategi pemasaran yang tepat.
“Misalnya dengan memanfaatkan media sosial dan platform daring lainnya, UKM dapat memperluas jangkauan pasar mereka tanpa harus mengeluarkan biaya pemasaran yang besar,” kata Siti Nafsiah. (to)
Discussion about this post