KALAMANTHANA, Palangka Raya – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palangka Raya, terus memaksimalkan pola pelayanan dengan cara jemput bola (Jebol) kepada masyarakat dalam pembuatan data administrasi kependudukan (Adminduk).
“Kami akan memaksimalkan jebol bagi warga yang memerlukan data kependudukan atau adminduk berupa KTP-el, kartu keluarga (KK), akta kelahiran, akta kematian dan KIA (kartu identitas anak),”ungkap Kepala Disdukcapil Kota Palangka Raya, Afendie, Jumat (13/11/2020), dilansir dari Media Center Isen Mulang.
Dikatakan pola pelayanan dengan cara jebol tersebut dilakukan guna memberikan kemudahan bagi warga untuk mendapatkan pelayanan dari Disdukcapil, dalam hal data kependudukan.
Terlebih tidak sedikit warga yang belum mempunyai waktu lebih untuk datang ke kantor dukcapil, dikarenakan banyaknya kesibukan maupun pekerjaan.
”Nah, disinilah petugas kami memberikan pelayanan prima, dengan cara jebol tadi. Hal ini dilakukan juga sejalan dengan harapan wali kota Palangka Raya dibidang peningkatan pelayanan publik,”ujar Afendie.
Disisi lain lanjut dia, pentingnya pelayanan jebol diterapkan tidak lain sebagai bagian dari komitmen Disdukcapil dalam mendukung upaya bersama memutus mata rantai penyebaran covid-19 yang masih melanda Kota Palangka Raya saat ini.
“Iya, ini adalah bagian dari upaya meminimalisir penyebaran covid-19. Jadi warga tidak perlu harus mendatangi kantor dukcapil yang bisa saja pada saat tertentu banyak warga yang ingin mendapatkan pelayanan kependudukan, sehingga menimbulkan kerumunan,”jelasnya.
Selebihnya Afendie mengatakan, pelayanan jebol tersebut selama ini telah dijalankan pihaknya secara berkelanjutan. Tidak hanya dengan sasaran pemukiman atau lingkungan warga, juga menyasar pada lingkungan pendidikan, perguruan tinggi, pusat publik hingga lembaga pemasyarakatan (Lapas). (srs)
Discussion about this post