KALAMANTHANA, Palangka Raya – Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diharapkan memiliki pemahaman yang mendalam tentang pentingnya evaluasi capaian indikator kinerja untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kota Palangka Raya.
Harapan tersebut disampaikan oleh Penjabat Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya, Arbert Tombak, dalam sosialisasi evaluasi capaian indikator kinerja perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya, pada Kamis (7/11/2024).
Arbert menegaskan bahwa peningkatan kreativitas dan kinerja instansi pemerintah sangat vital sebagai bagian dari upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik serta memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat.
Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa pencapaian good governance dapat dilihat dari pelaksanaan reformasi birokrasi dan penerapan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP).
“Pemkot Palangka Raya harus berupaya mencapai target-target yang telah ditetapkan dalam evaluasi kinerja, khususnya terkait dengan implementasi reformasi birokrasi dan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah (RPPD),” ujar Arbert.
Arbert juga menyampaikan bahwa selama ini, pelaksanaan program dan kegiatan pemerintah di beberapa sektor sering kali hanya berhenti pada tahap penyelesaian, tanpa adanya evaluasi lanjutan untuk menilai manfaat program bagi masyarakat.
“Oleh karena itu, setiap program yang selesai harus melalui evaluasi untuk memastikan apakah manfaatnya dapat dirasakan secara maksimal oleh masyarakat,” tambahnya.
Dengan evaluasi yang tepat, lanjut Arbert, diharapkan dapat terwujud pemerintahan yang lebih baik, transparan, bersih, dan mampu memberikan pelayanan yang lebih optimal bagi masyarakat.
“Ini adalah langkah penting untuk menciptakan pemerintahan yang akuntabel,” tutupnya. (bs)
Discussion about this post